Pelalawan (Berseripos.co.id)

Hari Kedua Pasca terjadinya Karhutla, Polres Pelalawan bersama Satgas Karhutla lainnya kembali berjibaku memadamkan Karhutla di wilayah kecamatan Teluk Meranti, kabupaten Pelalawan, Sabtu (5/8/2017).

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan S.IK saat di konfirmasi mengatakan pemadaman karhutla di Kecamatan Teluk meranti hari ini bersifat pendinginan dari sisa kebakaran 2 hari yang lalu.

“Kali ini, pemadaman melibatkan tim udara dari perusahaan PT. Sinarmas dengan menggunakan Helly Water Boombing dari udara dan untuk tim darat terdiri dari Personil Polsek Teluk Meranti, Koramil, BPBD pelalawan, Damkar Pelalawan, Tim RPK PT Arara Abadi dan BKO Tim karlahut Polres Pelalawan membantu pemadaman titik api di Kecamatan Teluk Meranti ini,” terang Kapolres.

Terkait :   Tingkatkan Sinergitas, Kapolsek Perhentian Raja Sambangi Tokoh Agama

Dijelaskan Kapolres, di lokasi pemadaman ini sebelumnya sudah dilakukan pemadaman hingga api dapat dipadamkan, namun dikarenakan lokasi merupakan lahan gambut yang apabila disiram diatasnya api dapat mati, namun didalam gambutnya masih terbakar, ini perlu kerja keras tim dalam pendinginan lokasi, dengan sinergitas Tim melakukan pendinginan, tentunya dapat lebih maksimal, sehingga lahan bekas terbakar tidak mengeluarkan asap lagi.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Pelalawan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim gabungan darat dan Perusahan PT. Sinarmas yang ikut mendukung pemadaman di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, sehingga luas lahan yang terbakar tidak melebar kemana-mana, dan pendinginan di lokasi berjalan maksimal.

Kapolres Pelalawan juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan melakukan pembakaran lahan dengan dalih untuk membersihkan semak apalagi dilahan gambut, agar kejadian kabut asap yang pernah terjadi beberapa tahun lalu tidak terulang lagi, disamping itu diharapkan masyarakat juga peduli dan berperan aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan. (Canggih)