Koranriau.com, Setelah sukses melaksanakan donor darah, kader Ikatan Pemuda Karya (IPK) di Provinsi Riau kembali melakukan kegiatan sosial lainnya. Kali ini, kader militan IPK melakukan gotong royong di Kelurahan Benca Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Minggu (8/3).

Salah satu yang menjadi perhatian kader IPK dalam kegiatan kali itu adalah jalan berlobang yang ada di Jalan Harapan Jaya. Upaya itu merupakan langkah antisipasi agar tidak ada lagi pengendara yang menjadi korban akibat terperosok ke dalam lobang hingga meregang nyawa.

“Kita mendapat kabar ada lobang di kawasan Jalan Harapan Jaya yang bisa mengancam pengendara. Kemudian kader militan kita di Tenayan Raya, kita gerakkan untuk menimbun. Apalagi kita dapat info, lobang itu sudah makan korban,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPK Provinsi Riau, Harianja.

Kegiatan sosial itu melibatkan puluhan kader IPK yang dikoordinir oleh Lintar Parlinggoman Sibuea, yang tak lain adalah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPK Tenayan Raya. Turut hadir, Danpos Ramil 05/Sail Peltu Ferry Siburian, Banbinsa Sertu Herman, Wasek Bhabinkamtibmas Polsek Tenayan Raya Bribka Jhontra Fulta, Ketua RW 04 Kelurahan Benca Lesung E Simanjuntak dan warga setempat.

Terkait :   Hebat!SMKN 1 Tembilahan Hulu Juara Umum FLS2N

“Kita akan terus bersinergi dengan aparat TNI, Polri dan seluruh lapisan masyarakat dalam berkarya, termasuk meminimalisasi ancaman keselamatan bagi pengguna jalan raya,” imbuh Harianja.

Sementara itu, Ketua RW 04 Benca Lesung, E Smanjuntak mengapresiasi inisiatif kader IPK untuk menimbun lobang di kawasannya itu. Apalagi, kata dia, lobang tersebut telah merenggut nyawa pengendara sepeda motor yang diketahui pemuda bermarga Nababan (28) akibat terperosok dan jatuh hingga mengakibatkan meninggal dunia pada November 2019 lalu.

“Awalnya lobang kecil. Lama-lama jadi besar. Sekarang lebarnya hampir 1 meter. Dalamnya sampai 60 centimeter. Kalau tidak hati-hati, bisa masuk lobang. Bisa bahaya. Syukur kader IPK mau menimbun,” kata Simanjuntak.

Selain korban tewas, sedikitnya 3 orang pengendara sepeda motor lain diketahui menjadi korban akibat lobang tersebut. Beruntung, para korban hanya mengalami luka ringan.

Terkait :   Diancam Dicabut! Inilah Tanggapan Asosiasi Pengusaha Warnet Game Online Pekanbaru

Ketua PAC IPK Tenayan Raya, Lintar Parlinggoman Sibuea menjelaskan, orang tua korban tewas, Nababan, turut hadir dalam aksi penimbunan lobang tersebut.

“KIta terharu juga. Bapak korban ikut menimbun. Kita berharap tidak ada lagi yang jadi korban,” harap Sibuea.

Selain menimbun lobang, kader IPK dan masyarakat sekitar juga membersihkan parit dan memotong rumput menggunakan mesin pada bahu jalan.

“Ini bentuk kepedulian kita, kader IPK. Kita ajak warga. Walau kegiatan ini tidak besar, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Sibuea.

Sebelumnya, kader IPK Riau telah melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru. Kegiatan itu digelar di Kantor IPK Riau, Jalan Hasanuddin Nomor 98 Pekanbaru.

Dalam kegiatan yang juga diikuti sejumlah warga sekitar, IPK Riau berhasil mengumpulkan sebanyak 20 kantong darah.(rls)

Sumber : riau.haluan.co