Koranriau.com, Hujan deras selama 3 jam yang mengguyur Kota Dumai pada Jumat (6/3/2020) membuat sejumlah titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai mulai padam.

“Lokasi di Kelurahan Bangsal Aceh dan Kelurahan Teluk Makmur sebagian sudah padam, tetapi Tim Satgas terus melakukan pendinginan dan pemantauan di lapangan,” kata Kalaksa BPBD Dumai Afrilagan, seperti diberitakan halloriau.com, Jumat (6/3/2020).

Hujan deras hampir merata terjadi di seluruh kecamatan yang menjadi pusat titik api. Seperti di Kecamatan Medang Kampai dan di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

“Alhamdulillah, Allah SWT menjawab doa kita semua, walaupun tidak semua padam. Tim Satgas Karhutla Gabungan tetap melakukan pemadaman dan pendinginan terutama wilayah Kelurahan Bangsal Aceh,” terangnya.

Terkait :   Prakirawan BMKG: Ramalan Cuaca Riau Hari Ini Akan Diguyur Hujan

Diberitakan sebelumnya sampai 3 Maret 2020 data dari BPBD Dumai menyatakan, luas lahan terbakar di Dumai mencapai 68,3 hektar.

Kebakaran hutan dan lahan di kota Dumai, tersebar di beberapa kecamatan, yang paling parah masih di Kecamatan Sungai Sembilan, luas lahan terbakar kurang lebih seluas 40,5 hektar tersebar di beberapa Kelurahan diantaranya Kelurahan Bangsal Aceh 13 hektar, dengan penambahan luas dari hari sebelumnya 4 hektar, di jalan Paret Leman, Kelurahan Lubuk Gaung 19 hektar dan di Kelurahan Tanjung Penyebal 0,5 hektar serta Kelurahan Batu Teritip 8 hektar.

Di Kecamatan Sungai Sembilan, titik api ditemukan di Kecamatan Medang Kampai. Di kecamatan tersebut luas lahan terbakar sekitar 15,25 hektar dengan rincian, Kelurahan Teluk Makmur 11,25 hektar, dan Kelurahan Guntung 3 hektar, serta kelurahaan Mundam 1 hekar.

Terkait :   Viral, Satgas Buat Tik TOk di Tengah Lakukan Pemadaman Karhutla

Kebakaran lahan di Kecamatan Dumai Barat seluas 4,75 hektar dengan rincian di Kelurahan Purnama 2 hektar, Kelurahan Bagan Keladi 2,25 hektar.

Kecamatan Dumai Timur lahan yang tebakar seluas 3,55 hektar dengan rincian di Kelurahan Teluk Binjai 0,25 hektat, Kelurahan Tanjung Palas 2 hektar dan Kelurahan Bukit Batrem 0,3 hektar, serta kelurahaan jaya Mukti 1 hektar.

Kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Selatan, menghanguskan lahan seluas 4,25 hejtar dengan rincian di Kelurahan Bukit Datuk 1,5 hektar, Kelurahan Bukit Timah 0,75 hektar, Kelurahan Mekar Sari 2 hektar.

Sumber : riaugreen.com