Koranriau.com, Demi menjaga penyebaran virus Corona, warga Amerika Serikat (AS) seluruh negeri memborong masker, cairan pencuci tangan, tisu basah, tisu toilet.

Di sejumlah toko nampak antrean panjang dan warga berbelanja produk pembersih ini didorong kepanikan atas wabah virus corona yang telah menyebar sampai AS.

Warga yang tengah berbelanja mengunggah gambar di media sosial tentang antrean mengular di sekitar Costco dan rak-rak pembersih yang kosong di CVS, Walgreens, dan toko obat lainnya.

“Sangat, sangat ramai!” kata Kepala Keuangan Costco, Richard Galanti, dikutip dari CNN, Rabu (4/3/2020).

“Rasanya seperti sedang terjadi sedikit kepanikan belanja,” kata Wakil Presiden Hubungan Industri Food Marketing Institute, Doug Baker.

Terkait :   Salah Satu Pasien Suspect Corona Meninggal Dunia

Pengecer berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan. Analis memperkirakan kepanikan belanja akan meningkatkan pendapatan bagi pengecer di awal tahun.

Selama empat pekan yang berakhir pada 22 Februari, penjualan cairan pencuci tangan meningkat sampai 73 persen, termometer naik 47 persen, dan masker meningkat 319 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data Nielsen.

Peningkatan permintaan menguji rantai pasokan pengecer dan pedagang grosir. Tidak seperti saat ada badai atau bencana alam, yang biasanya merupakan peristiwa regional, dorongan belanja karena virus corona menyebar secara nasional.

Sumber:merdeka.com