Koranriau.com, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Provinsi Riau belum juga padam. Upaya pemadaman juga terus dilakukan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan lain-lain. Penanggulangan karhutla tidak hanya dilakukan oleh tim di darat, tetapi juga dibantu penyiraman air dari udara atau water bombing.

Hari ini, Senin (2/3/2020), dua unit helikopter super puma milik PT Sinar Mas dikerahkan untuk membantu pemadaman karhutla. “Sesuai permintaan Satgas Udara dan Darat Karhutla Provinsi Riau dan Kabupaten, kita diminta untuk membantu padamkan karhutla diluar konsesi perusahaan di tiga kabupaten di Riau,” kata Humas Sinar Mas Nurul Huda dalam keterangan tertulis , Senin. Dia mengatakan, dua unit helikopter water bombing yang dikerahkan jenis Super Puma. Pemadaman dilakukan di lokasi karhutla di Kecamatan Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kecamatan Sei Benual, Kabupaten Siak.

Terkait :   Begini Penampakan Terkini Harimau Sumatera di Areal Chevron di Minas Barat

Selain dua unit helikopter, pihak perusahaan juga mengerahkan dua unit alat berat jenis eskavator ke lokasi karhutla di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Alat berat digunakan untuk membuat sekat kanal dan embung air. “Kita juga kirimkan 1 tim regu pemadaman karhutla (RPK) ke Pulau Muda,” kata dia.

Sumber : kompas.com