Koranriau.com, Pemerintah Amerika Serikat melaporkan kematian pertama akibat virus Corona.

Menyikapi persoalan itu, Presiden Donald Trump meminta warga agar tidak panik.

“Negara kita siap menghadapi keadaan apa pun,” kata Trump seraya menyerukan agar “media, politisi. dan semua orang yang terlibat untuk tidak melakukan apa pun untuk memicu kepanikan”.

Kematian yang terjadi di negara bagian Washington itu dikatakan adalah salah satu dari segelintir orang yang tidak diketahui memiliki hubungan dengan wilayah pusat global untuk tertular virus corona, dan adanya indikasi bahwa patogen itu sekarang kemungkinan menyebar di masyarakat, menurut para pejabat kesehatan di Amerika Serikat.

Para pejabat di Amerika Serikat juga mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kematian itu terjadi di King County, yang merupakan wilayah terpadat di negara bagian dan rumah bagi Seattle, sebuah kota dengan populasi lebih dari 700.000 orang.

Terkait :   Barcelona Ditahan Getafe Ini Komentar Sang Pelatih Valverde

Petugas Kesehatan Masyarakat untuk Seattle dan King County, Jeff Duchin, mengatakan bahwa pria yang meninggal tersebut berusia sekitar 50 tahun dan memiliki “kondisi kesehatan yang mendasarinya”, seperti dikutip dari AFP, Minggu, (1/3/2020).

Dalam sebuah pernyataan, Gubernur Negara Bagian Washington, Jay Inslee, turut menyampaikan belasungkawa kepada orang-orang yang dicintai pasien yang meninggal tersebut.

Keadaan darurat karena Virus Corona COVID-19 juga dinyatakan oleh Jay Inslee, menambahkan baiknya upaya pembebasan dana untuk lembaga-lembaga negara dan memungkinkan penggunaan Washington National Guard, jika diperlukan.

Presiden Donald Trump juga mengatakan pada konferensi pers Gedung Putih bahwa “kemungkinan ada kasus tambahan di Amerika Serikat,” namun ia menambahkan “individu yang sehat harus dapat pulih sepenuhnya.”

Terkait :   Pemprov Riau akan Lelang Mobil Dinas Bekas

Pertemuan dengan para pemimpin kelompok farmasi besar di Gedung Putih pada 2 Maret mendatang telah diumumkan oleh Presiden Donald Trump, dalam rangka membahas perawatan dan upaya untuk mengembangkan vaksin untuk memerangi Virus Corona COVID-19.

Larangan perjalanan dari Iran dilaporkan juga telah diumumkan oleh Presiden Donald Trump dan pejabat lainnya. Pemerintah juga mengimbau warga AS untuk menghindari perjalanan ke daerah-daerah yang dilanda wabah corona seperti di Italia dan Korea Selatan.

Sumber : Liputan6.com:merdeka.com