Koranriau.com,Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau tahun 2020 menargetkan akan pengumpulan zakat Rp 20 Miliar. Hal tersebut diungkapkan Ketua BAZNAS Provinsi Riau Dr H. Azwar Aziz SH MSi, Rabu (26/2).

Azwar Aziz mengatakan, dalam mengumpulkan target sebanyak Rp 20 Miliar tentu harus ada dukungan dan bantuan semua pihak, agar target BAZNAS dapat mengumpulkan zakat. Dimana, BAZNAS adalah sebuah lembaga non struktural yang membuka kesempatan umat Islam untuk menghimpun dana (zakat) sesuai dengan rukun Islam untuk menuntaskan kemiskinan di Riau ini.

“Alhamdulilah Baznas sudah berjalan. Untuk Provinsi Riau dari tahun ke tahun angka jumlah penghimpunan zakat semakin tinggi. Ini menunjukkan bahwa kesdaran orang menyalurkan zakat ke BAZNAS ini semakin baik. Tahun 2019 lalu kita berhasil menghimpun dana zakat Rp 12,6 Miliar dan untuk tahun 2020 kita targetkan Rp 20 Miliar,”ujar Azwar Aziz.

Terkait :   213 JCH Kabupaten Siak Sudah Masuk Embarkasi Antara Riau, Selasa Subuh Terbang ke Arab Saudi

Peningkatan dalam membayarkan zakat ke BAZNAS kebanyakan dari ASN Pemprov Riau. Karena Gubernur Riau, Syamsuar sangat peduli. Tetapi potensi tersebut belum penuh. Dan kita harapkan kepada Gubernur tahun depan ini ASN tidak hanya gaji pokoknya yang dibayarkan zakatnya. Tetapi juga single salary ASN juga dibayarkan zakatnya. Kalau itu bisa dihimpun mungkin bisa mencapai target Rp 20 Milyar.

“Di luar ASN juga kita perlu lakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan dan perorangan,” kata Azwar.

“Insya Allah untuk target Rp 20 Milyar ditahun 2020 bisa tercapai. Banyak yang kita kejar seperti beberapa isntansi-instamsi pemerintah lainnya, perusahaan dan perorangan agar pegawainya bisa berzakat. Kalau itu bisa dilakukan dan ditambah dengan perusahaan-perusahan maka terget Rp 20 Milyar bisa tercapai,”terangnya.

Terkait :   Polisi Tangkap 8 Orang Diduga Pelaku Pengeroyokan Wartawan Di Cengkareng

Sumber : riaugreen.com