Koranriau.com – KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah tutup usia. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta.

Berdasarkan pantauan di rumah dukanya, di bilangan Jakarta Selatan, Senin (3/2), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh sudah hadir. Bahkan karangan bunga memenuhi rumah duka.

Terlihat di rumah duka Menteri Agama Fachrul Razi. Lalu Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Kemudian menyusul Wakil Ketua MPR, kemudian Ketua Fraksi PKS dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sementara itu, Jokowi hadir sekitar Pukul 07.35 WIB. Dia menyalami anak Gus Sholah, Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid. Turut mendampingi juga Menteri PUPR Basuki Muljono, KSP Moeldoko, Mensesneg Pratikno, dan staf Presiden Aminudin Ma’ruf.

Terkait :   40 Persen Tenaga Harian Lepas Bapenda Dipecat Karena Tidak Maksimal Dalam Bekerja

Jokowi mengenakan baju kokoh putih dengan peci hitam, dan masuk ke rumah duka.

Sebelum Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin sudah tiba sekitar pukul 05.50 WIB. Menurutnya banyak sekali kenangan yang diberikan almarhum.

“Ya banyak sekali, kebetulan saya itu kan alumni Tebuireng. Jadi saya sering berdiskusi, sering berbicara, sering diundang untuk menyampaikan pandangan tentang kerukunan, membangun demokrasi dan ekonomi keumatan dalam pemberdayaan masyarakat, terutama bagi umat islam dan kalangan santri,” kata Ma’ruf.

Dia menyebut Gus Sholah merupakan tokoh yang toleran dengan menjaga keberagaman antarumat beragama.

“Dalam hal persaudaraan Islam beliau sangat intens bagaimana membangun ukhuwah antarsesama umat Islam, khususnya antara NU dan Muhammadiyah,” jelasnya.

Terkait :   BREAKING NEWS: Pasar Lubuk Alung Padang Pariaman Terbakar

Sumber : merdeka.com