Koranriau.com , Stroberi atau tepatnya stroberi kebun adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae. Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tetapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada.

Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau “straw” dan berige atau “berry”. Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

Stroberi merupakan tanaman herba. Ada ratusan macam jenis stroberi, salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Spesies yang lainnya yaitu F. vesca L. yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi F. vesca L. ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia. Warna merah stroberi disebabkan karena buah ini kaya pigmen antosianin dan mengandung antioksidan tinggi untuk melindungi struktur sel dalam tubuh serta mencegah kerusakan oksigen pada organ tubuh manusia. Buah stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, juga kaya serat, rendah kalori, kaya akan kandungan vitamin C, stroberi juga merupakan sumber vitamin B5, B6, K, mangan, asam folat, potassium, kalium, riboflavin, tembaga, asam ellagic, magnesium dan omega-3 asam lemak.

Terkait :   47 Warga Terjaring OTT Buang Sampah Sembarangan Pekanbaru

Nah, apa aja sih manfaat dari si mungil ini?

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah stroberi

Memutihkan gigi

Asam malat yang terkandung dalam stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah stroberi setiap hari hal itu dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti: memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat napas menjadi lebih segar.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin A, C, E dan asam ellagik berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Stroberi juga dipercaya dapat mencegah terjadinya leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah stroberi dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah. Selain itu, stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan dalam stroberi ini pun tetap tinggi meskipun telah diolah menjadi bentuk lain seperti selai atau jus. Senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam stroberi juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati.

Terkait :   Earphone Bisa Sebabkan iritasi dan infeksi,Begini tips Bersihkan Earphone

Mengobati jerawat

Kandungan asam salisiat di dalam stroberi memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

Menghaluskan kulit

Buah stroberi mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan stroberi ini sebagai lulur mandi. Agar mendapatkan manfaat lebih, campurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak lebih cerah.

Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi

Stroberi merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

Menjaga kesehatan mata

Usia dan nutrisi bisa memengaruhi kondisi kesehatan mata seseorang. Namun, dengan adanya zat antioksidan tinggi pada stroberi, hal itu berguna memerangi radikal bebas dan tentunya sekaligus mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh. Radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Dengan adanya vitamin C dan fitonutrien hal tersebut bisa dicegah.

Tekanan darah tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besinya, buah stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya normal kembali.

Penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan, stroberi cukup efektif mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Sumber : riaugreen.com