Koranriau.com PEKANBARU – Sebanyak 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Pekanbaru tahun ini mulai menerapkan sistem Full Day School atau sekolah seharian penuh.

Artinya, jika sebelumnya proses belajar siswa berlangsung selama selama 6 hari yakni Senin hingga Sabtu, maka dengan Full Day School hanya berlaku 5 hari saja yakni Senin hingga Jumat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru melalui Sekretarisnya, Muzailis mengungkapkan, walaupun menerapkan Full Day, namun tidak ada perubahan dalam kurikulum pendidikan sekolah tersebut.

Menurutnya, Full Day School merupakan penerapan berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Karena sekolah yang menerapkan sekolah full day dan tidak tetap menggunakan kurikulum sama, hanya pelaksanaannya diatur lima hari,” katanya, Senin (29/7/2019).

Terkait :   Polresta Pekanbaru Pemberantas Peredara Narkoba

Masih dikatakan Muzailis, bagi sekolah lain yang ingin menerapkan lima hari sekolah dalam sepekan, harus mempertimbangkan kecukupuan pendidik dan tenaga kependidikan, ketersediaan sarana dan prasarana.

“Intinya kesiapan sekolah, utamanya sarana dan prasarana, SDM, dan juga siswa,” ujarnya.

Dari data Disdik Pekanbaru, 10 sekolah yang telah menerapkan full day school yaitu, SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 10, SMPN 13, SMPN 14, SMPN 16, SMPN 17, SMPN 20 dan SMPN 32. (R05/MCRiau)

Sumber:RIAUSKY.COM