Koranriau.comPortal Berita Riau : Rindu Udara Bersih, Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bangko Kiri Bersama Masyarakat Melakukan Penanaman Pohon dan Pembagian Bibit Gratis Kepada Masyarakat.

Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Salam Perjuangan
Sukses Kukerta 2019

Sabtu, 27 Juli 2019 – Dalam rangka melaksanakan kegiatan program kerja, Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Bangko Kiri melakukan penenaman dan pembagian bibit pohon secara gratis kepada masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon berlangsung pada Sabtu (27/07) lalu, penanaman bibit pohon dilaksanakan disepanjang jalan H. Annas Ma’amun.

Selanjutnya pada Senin (29/07) dilakukan penanaman secara simbolis oleh ibu Yunilawati S.sos selaku kepala lurah Bangko Kiri. Kegiatan Penanaman pohon diikuti oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan masyarakat. Harapan dari pelaksaan kegiatan ini adalah bibit pohon yang telah ditanam dapat menjadi salah satu penyumbang oksigen diwilayah tersebut.

Terkait :   Papua : Ali Taher Parangsong Sosialisasi Empat Pilar Sangat Strategis

Pohon menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti tumbuhan yang berbatang keras dan besar.

Pohon mempunyai beberapa fakta yaitu :

  • Menurut Kemenhut 2011, setiap pohin besar mampu memproduksi 4580 oksigen pertahun.
  • Setiap pohon mempunyai kapasitas mendinginkan udara sama dengan rata-rata 5 unit AC.

Selanjutnya pada hari yang sama dilakukan pembagian bibit pohon gratis kepada masyarakat Kelurahan Bangko Kiri.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pohon bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Mengingat saat ini, Rokan Hilir menjadi salah satu daerah yang banyak terjadi alihfungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Adapun jenis bibit pohon yang dibagikan adalah nangka, trembesi, sirsak, durian, pulai. Pohon trembesi dan pulai ditanam sebagain pohin penghijauan, sedangkan sirsak, durian dan nangka dibagikan masyarakat.

Terkait :   Hampir Semua Masjid Gelar Salat Gerhana dan Takbiran di Pekanbaru

Agar beberapa tahun mendatang masyarakat dapat merasakan buah dari bibit pohon yang ditanam.