BERITA RIAU, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berjanji bonus atlet peraih medali di Asian Games 2018 akan cair pada pekan depan.

Janji Menpora itu merespons instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta bonus diberikan secepat mungkin sebelum keringat para atlet mengering. Menurut Jokowi, langkah itu sebagai wujud apresiasi negara terhadap atlet berprestasi.

Hingga Jumat (31/8/2018) siang, Indonesia telah mengoleksi 30 medali emas, 23 perak, dan 37 perunggu. Pencapaian kontingen Indonesia melebihi target dari pemerintah.

Seperti diketahui kontingen Indonesia hanya ditarget 16 medali emas, serta finis di posisi 10 besar. Saat ini, Indonesia untuk sementara menempati peringkat keempat, di bawah China, Jepang, dan Korea Selatan.

Terkait :   Tumpukan Sampah di Purbalingga Melebihi Candi Borobudur??

“Biasanya dalam ajang multievent, seperti SEA Games, bonus dicairkan setelah seluruh rangkaian pertandingan hingga ASEAN Para Games selesai, yang kira-kira membutuhkan waktu kira-kira dua hingga tiga bulan,” ungkap Imam dalam rilis kepada wartawan.

“Namun, untuk Asian Games 2018 ini akan kami percepat, sesuai dengan instruksi dari Bapak Presiden Joko Widodo yang ingin bonus ini dicairkan sebelum keringat atlet mengering. Kami pastikan pekan depan bonus atlet peraih medali sudah cair, dan bonus ini diberikan baik bagi atlet maupun pelatih dan asisten pelatihnya,” kata dia.

Menurut Iman, peraih medali emas perorangan akan memperoleh bonus senilai Rp 1,5 miliar. Adapun untuk ganda/pasangan diganjar masing-masing Rp 1 miliar. Pemain di beregu akan mendapatkan masing-masing Rp 750 juta.

Terkait :   Miris, Masih ada saja Suap di POLRI, Kesehatan Tak Penuhi Syarat Bisa Lulus Masuk Polisi

Bonus untuk peraih perak perorangan senilai Rp 500 juta. Sedangkan perak untuk di nomor ganda, masing-masing atlet menerima Rp 400 juta, sedangkan beregu masing-masing mendapat Rp 300 juta.

Penyumbang medali perunggu perorangan Asian Games 2018 akan memperoleh bonus senilai Rp 250 juta. Sedangkan perunggu untul nomor ganda memperoleh masing-masing Rp 200 juta, sedangkan beregu mendapat Rp 150 juta.

 

 

Sumber : Liputan6.com